728x90 AdSpace

  • Latest News

    Powered by Blogger.
    Saturday, November 30, 2019

    Mengupas Destinasi Super Prioritas Mandalika dan Potensinya bagi Pariwisata Nasional

    Liputan6.com, Jakarta - Saat ditanya lebih memilih liburan ke mana, Mandalika atau Gili Trawangan? Keiza, milenial yang juga mahasiswa kampus swasta di Jakarta, memilih liburan ke Gili Trawangan. Alasannya sederhana, meski sebelumnya tidak pernah liburan ke tempat itu, dirinya tahu betul indahnya pantai Gili Trawangan dari media sosial, atau paling tidak pernah menontonnya di acara jalan-jalan di televisi.

    "Mandalika apa sih, belum tahu," katanya.

    BACA JUGA
    Sirkuit Mandalika Belum Pasti Selenggarakan MotoGP di 2021?
    Ada banyak hal yang membuat pariwisata Mandalika tidak setenar Gili Trawangan. Kurangnya ekspose milenials salah satunya.

    Pariwisata Gili Trawangan personal touch-nya langsung ke anak muda. Sadar akan pontensi milenials, beberapa atraksi wisata dibangun, mulai dari spot foto menawan, penginapan lengkap dengan fasilitas latihan diving, hingga open trip wisata nomaden menyusuri belasan gili yang ada di sekitar Pulau Lombok.

    Saat itu di mana Mandalika? Mungkin putri cantik itu masih tertidur sehingga belum banyak yang tahu tentang keindahannya. Padahal kawasan pesisir selatan NTB itu punya keunikan tersendiri. Mulai dari keindahan alam hingga adat istiadat penduduknya.

    Setidaknya ada 5 pantai menawan yang tak kalah indah dari Gili Trawangan di kawasan Mandalika. Sebut saja Pantai Tanjung An, Pantai Serinting, Pantai Gerupuk yang cocok bagi penggila olahraga selancar, Pantai Kuta Lombok dengan pasirnya yang putih dan lembut, dan Pantai Seger yang menjadi lokasi Festival Bau Nyale. Dari atas bukit-bukit yang eksotis, wisatawan bisa menyaksikan keindahan pantai-pantai ini dari ketinggian.

    Mandalika juga menjadi rumah bagi suku Sasak,
    suku asli Lombok yang bisa wisatawan temukan di dua desa adat, yaitu Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende. Di dua desa adat itu wisawawan lokal maupun mancanegara bisa berinteraksi langsung dengan orang-orang suku sasak.

    Kementerian Pariwisata, pemda, dan dinas pariwisata setempat melakukan beragam usaha untuk membangkitkan pariwisata Mandalika. Usai ditetapkan sebagai salah satu dari 10 Bali Baru, dan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dua tahun lalu oleh Presiden Joko Widodo, berbagai potensi wisata kawasan tersebut satu per satu muncul, dan mulai dilirik wisatawan.

    Salah satunya adalah atraksi Peresean, duel gladiator ala Lombok. Festival Peresean yang masuk dalam kalender event wisata Lombok Tengah cukup mendapat animo positif dari wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.  

    Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah, Lalu Putria kepada Liputan6.com menjelaskan, selain sebagai pelestarian budaya dan kesenian Suku Sasak, dirinya mengakui festival tersebut digelar juga dengan maksud untuk mendongkrak pamor Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

    "Bukan cuma sebagai hiburan bagi wisatawan lokal maupun asing di KEK, tapi lebih dari itu Festival Peresean ini menjadi promosi dari KEK Mandalika," ujarnya kala itu.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mengupas Destinasi Super Prioritas Mandalika dan Potensinya bagi Pariwisata Nasional Rating: 5 Reviewed By: Jass

    Popular Posts

    Scroll to Top